Senin, 22 April 2013

Objek Wisata Bali: Taman Ujung Bali

Memang sungguh menyenangkan tinggal di Pulau Bali, Pulau yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Hampir semua tempat wisatanya indah dan tidak pernah sepi dari kunjungan wisata domestik maupun internasional.

Bahkan saya yang lahir dan menetap di Bali pun belum bisa mengunjungi seluruh tempat wisata yang ada di Bali. Banyak banget sih...hehehe

Hari Minggu lalu yang lalu merupakan hari libur yang saya gunakan untuk jalan-jalan dan refreshing... Sudah diputuskan sebelumnya, bahwa hari minggu ini saya dan teman-teman untuk mengunjungi salah satu tempat yang berada di wilayah timur Kabupaten Karangasem, di Desa Tumbu, yang dapat dicapai sekitar dua jam dari kota Denpasar.


Yup, satu tempat yang bernama Taman Ujung atau dikenal juga sebagai Taman Sukasada Ujung merupakan salah satu objek wisata sejarah yang terdapat di pulau Bali tercinta ini.

Setelah 2 jam lebih berkendara yang lumayan melelahkan, seketika terobati manakala saya sudah sampai pada lokasi target walaupun tepat pada pukul 12 siang, panas terik yang mengalirkan keringat tidak masalah buat saya. WOW WOW WOW... lebay ya? hehe... memang saya sangat takjub, maklum ini kali pertama saya mengunjungi Taman Ujung tersebut.


Hanya merogoh kocek 5rb rupiah kamipun dengan bebas memasuki Taman Ujung ini. Sebuah jembatan beton yang panjang menghubungkan area parkir dengan Taman yang indah ini.

Taman yang begitu luas, dengan kolam besar di tengahnya, dan pemandangan lain yang sangat menyejukkan mata, benar-benar membuat terkesima. Karena memang Taman Ujung berlokasi di antara gunung dan pantai.

Sayapun menuju tempat yang paling ujung terlebih dulu, dimana tempat yang paling tinggi di area Taman Ujung, disana saya menyaksikan dan menikmati pemandangan ke bawah dan sekitarnya.


Bangunan yang terdapat di dalamnya adalah gabungan dari arsitektur Bali, Eropa dan Cina. Taman Ujung adalah peninggalan raja Karangasem, sebuah kerajaan Hindu jaman dulu. Taman ini dibangun pada tahun 1919 oleh Raja Karangasem terakhir, I Gusti Bagus Jelantik, yang memerintah di Karangasem antara 1909 dan 1945. Letusan Gunung Agung pada tahun 1963 menghancurkan istana air dan semakin rusak akibat gempa bumi besar tahun 1979. Namun pemerintah telah melakukan pemugaran terhadap tempat ini.

Di tengah-tengah kolam terdapat bangunan yang dihubungkan jembatan dari sisi kiri dan kanan, dimana yang dulunya adalah istana Raja dan keluarganya. keren gak? tentu saja, ditengah kolam gitu...:). Dalam istana tersebut, kita bisa melihat dan menyaksikan lukisan-lukisan didinding yang menampilkan Raja, keluarga, dan kerabatnya...





Bahkan ada yang memilih tempat ini sebagai tempat photo prawedding mereka... :)


Wah, tidak terasa dua jam sudah berada di Taman Ujung yang indah, sampai-sampai urusan perutpun terlupakan. Namun, sayang sekali kami harus memutuskan untuk meninggalkan tempat ini dan mengunjungi tempat lain lagi..:)


Jadi bagi siapapun yang  bernyali jalan jauh, tempat ini cukup menantang untuk dikunjungi. :P

Semoga Bermanfaat dan menambah semangat bagi sahabat roombucket yang belum dapat refreshing ke Taman Ujung Bali.

Wah, perut sudah keroncongan. Akhirnya kamipun menikmati makan siang kami di Pantai indah, Pantai Candidasa (Next Post).

2 komentar:

  1. ini yang dicari.
    Bali banget gan!! makasi infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas bro... thanks kunjungannya ya... salam kenal

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...