Sabtu, 23 Maret 2013

Hari Paskah: Telur Paskah dan Kelinci

Salam hangat dari roombucket...


Setiap hari Paskah datang, saya jadi teringat dengan masa kecil saya. Hari Paskah adalah hari yang menyenangkan, merayakan bersama keluarga dan saudara-saudara gereja. Di Hari Paskah, pastinya setiap Gereja akan merayakannya di suatu tempat.

Yang saya ingat, Paskah adalah telur. Satu waktu Hari Paskah dirayakan di Kebun Raya Bedugul, waktu yang lain mengambil tempat di salah satu pantai yang ada di Singaraja.

Pastinya bukan hanya mengucap syukur seperti kebaktian biasa di hari minggu, tetapi juga lomba mencari telur yang sudah disembunyikan sebelumnya. Telurnya juga sudah diwarnai ato dihias sedemikian rupa. Seru deh, itu yang paling saya suka..hahaha. Maklum masih kecil.



Cerita Paskah para sahabat roombucket pasti lebih seru kayaknya...

Paskah

Paskah adalah hari perayaan untuk memperingati kebangkitan Yesus dari kematian. Hari Paskah dirayakan hari minggu, yakni hari ketiga setelah hari kematian Yesus (jumat).

Simbol Paskah yang kita kenal ada 2, yakni Telur dan Kelinci.


Telur Paskah


Terus apa hubungannya Paskah sama telur?

Telur Paskah itu sendiri berasal dari tradisi kesuburan kaum Indo-Eropa dimana telur merupakan simbol musim semi. Di masa silam, di Persia, orang biasa saling menghadiahkan telur pada saat perayaan musim semi, yang bagi mereka juga menandakan dimulainya tahun yang baru.


Berikut juga beberapa alasan mengapa Paskah identik dengan telur:

1. Bagi umat Kristen, telur adalah simbol kebangkitan Yesus. Telur memang tidak hidup, tapi memiliki kehidupan yang akan menetas.

2. Selama puasa pra-Paskah, umat Kristen dilarang memakan telur. Di Amerika, mereka kerap merayakan Hari Pancake sebelum puasa pra-Paskah dimulai. Hari Pancake bertujuan menutup kebiasaan makan telur dalam keseharian mereka. Dan ketika Paskah tiba, telur kembali masuk dalam menu makanan.

3. Tidak jarang telur Paskah dicelupkan ke pelbagai warna. Tapi, secara tradisional, warna yang digunakan adalah merah sebagai perlambang darah Yesus yang tumpah karena dipaku di salib.

4. Cangkang telur yang keras melambangkan penyegelan makam Yesus. Setelah retak, umat Kristen melambangkannya sebagai kebangkitan Yesus dari kematian.

5. Paskah adalah kekalahan kematian dan dosa melalui kebangkitan Yesus. Karena itu, umat Kristen memperingati Paskah sebagai penanda dimulainya kehidupan baru mereka dengan menata telur warna-warni sebagai dekorasi rumah.

Hingga kini, Paskah memang identik dengan telur. Tidak hanya di dunia Barat, tapi juga di Indonesia. Dan Paskah memang tidak lengkap tanpa telur.

Kelinci Paskah
Bagaimana dengan kelinci?

Kelinci Paskah berasal dari tradisi kesuburan masyarakat sebelum masa Kristiani. Kelinci merupakan binatang yang paling subur menurut para leluhur, karenanya kelinci dipergunakan sebagai simbol kehidupan baru yang melimpah di masa musim semi. Kelinci Paskah tidak pernah mempunyai makna religius dalam perayaan Paskah, meskipun dagingnya yang putih, kadang-kadang, dikatakan melambangkan kemurnian dan tanpa cela. Gereja tidak pernah memberikan pemberkatan istimewa bagi kelinci.

Namun demikian, kelinci mendapat peran yang menyenangkan dalam perayaan Paskah sebagai tokoh legenda penghasil telur-telur Paskah bagi anak-anak di berbagai negara. Di berbagai daerah di Jerman, dipercaya bahwa kelinci Paskah meletakkan telur-telur merah pada hari Kamis Putih dan telur-telur berbagai macam warna pada malam sebelum Minggu Paskah. Kelinci-kelinci Paskah dalam bentuk kue-kue dan gula-gula mulai populer di Jerman selatan, dan sekarang kue dan gula-gula tersebut amat disukai anak-anak di berbagai macam negara.


---
Makna Paskah selalu aktual. Dalam konteks sekarang, makna Paskah bisa berarti kerelaan untuk berkorban, semisal membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan. Atau kerelaan berkorban, untuk tidak melakukan korupsi, di tengah gaya hidup konsumtif seperti sekarang ini. Yesus Kristus bersedia berkorban untuk menebus dosa bagi siapa pun, bukan hanya bagi orang yang baik saja, tapi termasuk bagi mereka yang berperilaku kurang terpuji. Manusia biasa mungkin hanya bersedia melakukan pengorbanan bagi orang yang dianggap baik, kalau berkorban untuk orang jahat, adakah yang bersedia?

Waktunya istirahat dulu nih, cuma segitu saja yang roombucket bisa tulis... semoga bermanfaat :).

Selamat Paskah untuk semua sahabat roombucket dan seluruh umat Kristiani yang merayakannya...

Tuhan Memberkati!

(berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...