Rabu, 23 Januari 2013

Pura Pulaki: Pura Terbesar di Bali utara

Bali memang terkenal dengan pulau seribu pura karena mayoritas penduduknya beragama Hindu.

Tentu saja anda tau, Pura adalah tempat suci agama Hindu.

Kali ini Roombucket akan menulis tentang salah satu pura yang terdapat di Bali, yaitu Pura Pulaki.


Pura Pulaki merupakan Pura Hindu terbesar yang terletak di Bali utara, tepatnya terletak di Desa Banyu Poh, Kecamatan Grokgak, di bagian barat Kabupaten Buleleng. Untuk mencapainya dari kota Singaraja akan membutuhkan waktu sekitar 120 menit.


Yang menjadi keunikan daripada Pura Pulaki ini yaitu memiliki pemandangan yang menakjubkan yang bisa anda nikmati karena di bangun di kaki bukit dan persis di depan pantai.


Bukit dan laut memanjakan mata anda ketika berada di kawasan Pura Pulaki tersebut.

Dan uniknya lagi, terdapat banyak monyet yang berkeliaran di dalam maupun di luar Pura.

Anda bisa berbagi makanan kepada monyet-monyet penghuni wilayah Pura Pulaki, tapi tetap waspada dan berhati-hati dengan barang bawaan anda agar tidak di rusak bahkan di bawa kabur monyet-monyet yang nakal.

Apalagi jika anda mengajak hewan kesayangan anda nih, harus lebih berhati-hati. Jadi inget kejadian waktu saya mengunjungi Pura Pulaki, anjing kesayangan saya hendak diserbu puluhan monyet jika tidak cepat-cepat dimasukkan ke mobil.. hehe

Nah ketika memasuki Pura, anda bisa melihat dan menikmati keindahan dan jelasnya warna biru laut indah yang terbentang di depan mata, dibingkai oleh perbukitan hijau di kanan dan kiri.

Kemudian ada lebih banyak tangga harus anda lewati jika anda ingin memasuki bagian utama sebagai tempat di mana pengunjung menaruh sesaji mereka dan berdoa.

Pada bagian utama itu monyet-monyet yang bergelantungan di dahan pepohonan menunggu saat yang tepat untuk mencuri buah-buahan atau makanan yang terdapat pada sesaji. Dan sepertinya pengunjung telah terbiasa dengan kegaduhan yang dibuat oleh monyet-monyet.

Mereka tetap berdoa dengan penuh konsentrasi.

Untuk sejarah tentang Pura Pulaki, anda bisa baca disini

Jika anda ingin merasakan sensasi berada di Pura Pulaki, dan menikmati keindahan disekelilingnya... silahkan berkunjung!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...