Kamis, 17 Januari 2013

Objek Wisata Bedugul: Danau Bratan

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang Objek Wisata: Kintamani, tempat biasa saya lewati ketika hendak pulang ke kampung halaman Singaraja (dari Denpasar). Nah satu jalan lagi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja adalah melewati Bedugul.

Selain Kebun Raya Bedugul (Bali Botanical Garden), satu lagi objek wisata yang sangat di gemari untuk dikunjungi adalah Danau Bratan, yang akan saya tulis pada kesempatan ini.


Bedugul itu sendiri terletak di dataran tinggi yang merupakan wilayah dari Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Untuk mencapai tempat ini dari Denpasar kira-kira membutuhkan waktu 120 menit berkendara dari Kota Denpasar, atau sekitar 90 menit dari Kota Singaraja.

Karena terletak di dataran tinggi, pastinya anda pasti tau, tempat ini sangat sejuk dan kadang-kadang di selimuti kabut.

Sudah pernahkah anda mengunjungi Bedugul, menikmati kesejukan dan keindahan Danau Bratan? Jawaban dari anda pasti bervariasi; sudah, sering, belum, bulan depan hendak kesana, dan sebagainya... Yang pasti, anda tidak akan menyesal mengunjungi objek wisata satu ini.

Ketika kita sampai di kawasan Danau Bratan, siapapun akan terkesima menyaksikan hamparan Danau Bratan dan tersadar bahwa kuasa Tuhan sebagai sang Pencipta memang tidak ada bandingannya. Kesejukan dan kenyamanan ketika berada di danau inipun seakan merayu kita untuk berlama-lama berada disana.

Satu lagi pemandangan yang menambah keindahan di Danau Bratan ini yakni sebuah Pura di sebelah barat Danau Bratan, dengan posisi yang agak menjorok ke danau yang dengan meru yang berjumlah 11 atap didedikasikan untuk Siwa dan istrinya Parwati, menjulang begitu anggun.

Pura tersebut adalah Pura Ulun Danu Bratan.




Pura ini dibangun untuk digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat upacara persembahan untuk Dewi Danu, Dewi Kemakmuran. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi.

Apabila anda ingin tau lebih dalam, masuklah ke kawasan Pura tersebut. Dalam perjalanan menuju pura tersebut, Anda akan dipertontonkan pada sebuah taman yang sangat indah dan asri lengkap dengan bunga yang berwarna warni didalamnya.

Nah yang unik, di kawasan pura tersebut anda akan menemukan Candi Budha yang hingga kini masih digunakan.

Jika anda belum puas dengan hanya menyaksikan keindahan Danau Bratan dan juga pemandangan Pura Ulun Danu Bratan, anda bisa menikmati langsung indahnya panorama Danau Bratan yaitu mengelilingi danau dengan menyewa perahu atau perahu motor yang terdapat disana. Lengkap bukan???

Selamat berkunjung ke Danau Bratan....

(Berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...