Minggu, 11 November 2012

Sea Walker (VIRGO Dive & Water Sport)

Kali ini saya akan bercerita pengalaman saya nih. Tau gak satu lagi wisata di bawah laut yang disebut Sea Walker, kini sudah hadir dan bisa di nikmati di Bali.

Apa itu Sea Walker? Bagi anda yang suka berpetualang di bawah laut dan bisa menyaksikan kehidupan yang ada di dalamnya; ikan-ikan dan tumbuhan bawah laut yang indah, pasti sudah tau.

Salah satu tempat dimana anda bisa melakukan aktifitas ini adalah di pantai Tanjung Benoa yang indah, berjarak 45 menit berkendara dari Kota Denpasar. Tanjung Benoa memang terkenal dengan aktifitas Water Sport nya.

Anda bisa berenang? Kalaupun tidak, tidak usah takut. Wisata Sea Walker, kita tidak harus bisa berenang.

Oke deh saya ceritakan pengalaman saya, mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang Wisata Sea Walker ini.

Saat itu saya tidak datang sendiri ke Tanjung Benoa, tapi bertiga. Saya dan dua orang teman kantor menemani saya saat itu. Tentunya setelah booking terlebih dahulu di salah satu tempat yang menyediakan wisata ini.

Kamipun disambut ramah dengan staf disana. Setelah diberikan pakaian yang akan dikenakan selama melakukan Wisata Sea Walker, kamipun naik ke boat yang akan mengantar kami ke pontoon Sea Walker di tempat penyelaman. Saya mengira-ngira mungkin jaraknya 200an meter dari bibir pantai


Dan kata salah satu orang yang akan sebagai pemandu selama kami menyelam, kedalaman tempat Sea Walker itu sekitar 5 meter.

Sesampainya di pontoon tempat penyelaman, beberapa staf juga menyambut kami dengan ramahnya, kemudian kami diberikan sepatu khusus yang tentu saja untuk melindungi kaki dari kerang tajam selama berjalan di bawah laut nanti

Yang akan memandu kami selama di bawah laut, kami akan di dampingi 2 orang pemandu. Sebelum menyelam, kamipun diberikan penjelasan sedikit mengenai bagaimana nanti selama berada di bawah laut.

Tentunya, jangan tegang dan rileks saja selama di bawah laut. Dan di bawah laut selama melakukan wisata Sea Walker, kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan itu diperlukan bahasa isyarat yang harus diketahui. Dan satu lagi, selama berjalan di bawah laut, diharapkan kita selalu memegang pegangan yang terdapat di bawah, untuk tetap menjaga keseimbangan karena di bawah gelombang air laut akan mengombang-ambingkan kita. Begitu pemandu menjelaskan.

Ada enam (6) bahasa Isyarat yang dijelaskan, apa saja itu? Oke saya jelaskan di bawah (dengan gambar):


1.  Artinya OK, sesekali pemandu akan memberi tanda ini kepada kita yang artinya dia bertanya kepada kita apakah semua baik-baik saja. Jika memang semua baik-baik saja, berikan tanda yang sama.
2. Artinya BERJALAN. Jika pemandu memberi tanda ini dengan menggerakkan 2 jari tersebut, kita harus berjalan melangkahkan kaki.
3. Artinya STOP. Jika pemandu memberikan tanda ini, kita harus berhenti. Untuk ambil foto.
4. Artinya KE ATAS, kita perlu naik ke atas, pemandu akan siap menarik anda ke atas permukaan
5. Artinya MASALAH, berikan tanda ini, goyangkan tangan kita di depan dada kita jika memang anda merasa dalam masalah
6. Artinya anda KEKURANGAN OKSIGEN berikan tanda ini dengan menggerakkan jari tangan anda.

Mungkin tanda no. 5 dan 6 masuk ke tanda no. 4. Jika ada masalah pasti anda akan di bawa ke atas. Menurut saya sih... :P. Jadi yang anda harus ingat no. 4 tuh jika ada masalah.

Kemudian satu persatu dari kami dipersilahkan turun, berpegangan pada tangga yang disediakan. Saya pun memilih yang pertama untuk turun.

Oya, alat yang dipakai selama melakukan Sea Walker adalah berupa Helm Khusus yang akan dialiri oksigen.

Helm siap dipakaikan ke kepala saya, katanya setelah helm terpakai diharapkan langsung melepas pegangan tangan anda, dan kemudian andapun dibantu 2 orang pemandu menarik anda turun ke dasar laut

Tidak usah tegang, mungkin telinga anda akan terasa sakit dan dada terasa berat ketika pertama masuk ke dalam laut, tapi setelah beberapa menit kemudian akan menjadi biasa.

Dengan merilexkan diri dan berusaha tenang, akan sangat membantu kelancaran anda menikmati wisata Sea Walker.

Saya berusaha tenang, dan memang saya tenang. Sesampainya di dasar laut, tangan saya pun mencoba meraih pegangan yang ada. Hahaha.. memakai helm yang berkaca cembung seperti itu, benda atau apapun yang kita lihat seperti nya dekat, tapi ketika kita menggerakkan tangan mencoba meraihnya kita tidak bisa menyentuh dan memegangnya...:P

Tapi tenang saja, kedua pemandu dengan setia akan mendampingi sampai anda benar-benar sudah dalam keadaan aman;kedua tangan anda sudah memegang pegangan yang ada.

Sembari menunggu 2 teman saya. Saya melihat sekeliling. Indah sekali, segerombolan ikan berwarna warni tampak di depan kita, mengitari kita. Dengan karang-karang yang indah di bawahnya... Saya pun takjub menikmati pemandangan yang ada.

Setelah 2 teman saya berada di samping saya. Artinya kita siap nih melakukan wisata selanjutnya. Masing-masing dari kami di berikan sebungkus roti, dengan maksud kita pegang dan ulurkan, dengan otomatis ikan-ikan akan mengerubuti roti tersebut memakannya...






Salah satu pemandu hanya memantau dan beberapa kali memberi tanda dimana bertanya apakah semua baik-baik saja. Dan satu pemandu lagi, mengambil foto kita selama melakukan wisata Sea Walker... keren kan? Fotonya bisa kita miliki sebagai kenang-kenangan.

Pengalaman yang tidak akan terlupakan, akhirnya perjalanan wisata Sea Walker kami pun berakhir.

Kira-kira 25 menit kita berada di dasar laut dengan pemandangan yang menakjubkan tentunya...

Kapan nih anda menyusul? Sepertinya ingin segera mewujudkankan ya? Cari waktu yang tepat yah...

Anda bisa hubungi kami jika butuh informasi di telp. +62 361263634


Thanks to: PT. PACIFIC BAHARI BALI, Virgo Dive & Water Sport
Bapak I Nyoman Arna (Manager) dan Bapak I Nengah Witantra serta segenaf staf

Terima kasih atas pelayanan yang sangat ramah dan memuaskan.

sea walker did on Nov. 10, 2012

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...